Rabu, 05 Agustus 2009

DEKRANASDA KAB.NATUNA ADAKAN PELATIHAN ANYAMAN ROTAN

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Natuna tahun 2009 mempunyai progam pelatihan anyaman rotan dan tenun lidi. Hal ini dilakukan sebagai pengembangan hasil pelatihan para pegrajin yang telah dilatih di luar daerah antara lain pengrajin rotan yang dikirim ke Pekanbaru dan Cirebon juga pengrajin tenun lidi yang dikirin ke Tasikmalaya, mereka telah diberi kelayakan oleh Dekranasda dan Disperindag untuk mengembangkan hasil pelatihannya kepada masyarakat.

Untuk kegiatan pelatihan anyaman rotan dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 10 Agustus bertempat di desa Cemaga Selatan sebagai sentra kerajinan rotan. Acara dibuka oleh Kepala Disperindag Drs.Sabli Ismail.Peserta yang mengikuti pelatihan terdiri 10 orang yang berasal dari lingkungan desa Cemaga Selatan yaitu Pian Tengah, Setengar dan Teluk Depih.

pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Dinas terkait, camat Bunguran Selatan, Seluruh Kades Bunguran selatan, tokoh masyarakat dan para peserta pelatihan. Dalam sambutannya Kadis Perindag menyampaikan bahwa pada intinya pelatihan-pelatihan kerajinan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat pengrajin agar bisa meningkatkan kreatifitas dan kesejahteraan terutama peningkatan ekonomi. Sedangkan Ketua Dekranasda Kab. Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti menyampaikan beberapa kendala peningkatan kerajinan sehingga diperlukan bantuan beberapa pihak terutama dinas terkait dan lembaga-lembaga terkait seperti Kadin dan para pemilik modal untuk bisa menjadi bapak angkat para pengrajin.

Penutupan akan dilaksanakan hari Senin di gedung pertemuan Setengar desa Cemaga Selatan oleh wakil ketua Dekranasda Kab, Natuna Ny. Diana Novita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar